Saturday, March 20, 2010

Cara Membuat Blog di Blog*Spot

Google memiliki fitur yang sangatlah lengkap mulai dari fasilitas email gratis yang memiliki kapasitas sangat besar, sampai dengan layanan domain plus hosting bagi para blogger. Maka selayaknya jika google menjadi perusahaan yang paling ternama di dunia internet, sebagai perusahaan penyedia jasa layanan serba ada dalam ber-online.

Dalam memenuhi kebutuhan domain dan hosting yang saya sampaikan diatas, maka google dengan produk blog*spot-nya menyediakan kebutuhan tersebut. Saya dan teman-teman yang baru memulai kegiatan online-nya, sangat membutuhkan layanan dari blog*spot. Dikarenakan kalau kita memulai kegiatan tanpa adanya dukungan blog atau web, yach.. tentunya sangat kesulitan sekali.

Mengapa saya katakan demikian, karena jika tidak memiliki sebuah web atau blog, maka kita hanyalah penikmat dari dunia internet saja. Tetapi memang kembali lagi niatan kita dalam melakukan kegiatan online, seperti yang saya sampaikan di posting perdana saya dalam blog ini.

Dalam membuat blog di blog*spot, mungkin bisa saya berbagi informasinya sebagai berikut :

  1. Kita harus memiliki account email di google, dapat di google.co.id, ..... dot com, .... dot co.sg, dll.
  2. Dalam membuat account anda di google, ketik saja gmail bar alamat url, kemudian tekan sign up. Dari pendaftaran email anda di google, berarti anda memiliki email di google, yang beralamatkan usernameanda@gmail.com
  3. Memulai membuat blog anda
  4. Setelah anda memiliki email, maka buka tab baru kemudian anda ketikkan blogger, maka secara otomatis, anda masuk ke dashboard blogger.com. Untuk membuat blo anda, pertama kali klik link " create a blog ".

    Screenshot: Create a Blog

    Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

    Screenshot: Create Blog*Spot blog

    Maka anda harus memasukkan data yang dibutuhkan dan yang paling penting nama judul blog anda dan nama alamat.blospot.com-nya. Karena jika nama url yang anda masukkan sudah ada, maka harus menggantinya lagi sampai nama url tersedia.
  5. Memilih template yang sesuai selera anda
  6. Dalam langkah berikut, kami sarankan bahwa banyak tempalte yang sudah dibagikan gratis oleh teman-teman blogger. Jadi cari aja di mesin pencari google, masukkan kata kunci : "free blogger template" tanpa tanda petik.
Tips : Atau anda dapat lihat di bagian paling bawah dari setiap blog teman-teman termasuk milik saya ada asal template gratisnya, klik aja alamat yang ada. Setelah itu anda tinggal memilih template yang anda sukai dan sesuai.

Pesan : Jika anda menggunakan template teman-teman blogger, maka jangan menghilangkan alamat url, dimana alamat berasal template yang anda ambil.

Demikian pengetahuan-ku yang dapat saya bagikan dengan anda. Semoga bermanfaat.
Bukannya saya menggurui pengunjung yang mampir ke blog saya. Mungkin informasi ini, kelihatannya tidak bermanfaat bagi anda, tetapi bisa jadi masih atau bahkan sangat bermanfaat bagi pengunjung yang lain.

Motto: "Ayo lakukan sekarang juga, apa yang ada dihadapan kita sekarang, jangan menunda-nunda, jika kita fikir itu sangat bermanfaat bagi diri kita."


Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment